Artikel,  Tanaman Hias

Tanaman Hias Pembersih Udara Menyerap Racun dalam Rumah

Tanaman hias pembersih udara sangat digandrungi oleh mereka yang cinta dengan tanaman. Selain bermanfaat bagi kebersihan udara di rumah, juga bermanfaat sebagai dekorasi ruangan. Tampilan yang cantik dari tanaman ini sangat pas diletakkan di rumah.

Peletakan tanaman hias ini akan membuat rumah tampak asri dan bersih. Suasana yang timbul juga akan segar. Lingkungan rumah juga akan terjaga kesehatannya. Tanaman ini bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Tergantung pemilik yang akan menatanya dengan rapi.

Tanaman hias rumahan

Udara di dalam rumah jauh lebih kotor jika dibandingkan udara yang ada di luar rumah. Inilah yang menyebabkan kebutuhan tanaman hias ini agar mampu memfilter udara kotor yang ada di dalam rumah. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya zat kimia yang tersimpan dalam rumah.

Misalnya saja adanya polutan dari perabot rumah tangga, karpet, kasur, bantal, oven, kompor, dan lain sebagainya. Barang-barang ini terbuat dari plastik maupun karet. Dengan begitu, perlu adanya daya dukung alami yang bisa membersihkan udara dalam rumah.

Tanaman Hias Pembersih Udara

Banyak tanaman hias yang disediakan hanya untuk kebutuhan estetik saja. Padahal banyak tanaman hias yang memiliki manfaat sebagai pembersih udara yang kotor. Tak hanya itu, tanaman tersebut juga bisa meningkatkan mood seseorang. Berikut adalah tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai pembersih udara di rumah:

Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tampilan dari tanaman ini memang sangat unik dan mudah untuk dirawat. Tak hanya itu, bentuk lidahnya yang penuh duri sangat lucu jika disesuaikan dengan fungsinya sebagai pembersih udara.

Tanaman lidah buaya mampu menyerap benzena, formalin, dan bahan kimia yang ada di udara. Tak hanya manfaat udara saja, tanaman ini bermanfaat pada produk kecantikan dan juga pengobatan luka. Tergantung cara pengolahan dan penggunaan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Bunga Krisan

Tanaman hias pembersih udara berikutnya adalah bunga krisan. Merupakan bunga asal Jepang yang memiliki warna sangat cantik. Berbagai warna menarik seperti pink, merah, kuning, ungu, dan lain sebagainya akan menghiasi lingkungan rumah.

Bunga krisan disarankan untuk ditanam di luar rumah hingga tumbuh bunga. Jika sudah berbunga, bisa dipajang di dalam ruangan atau dimana tempat yang diinginkan. Bunga ini dipercaya bisa menarik polutan berupa benzena, amonia, formalin, dan xylene.

Daun Ivi

Tanaman ivi yang juga merupakan tanaman hias pembersih udara. Daun ivi merupakan jenis gantung. Berasal dari Eropa dan Asia Barat.

Tanaman ini mampu menarik formalin dengan baik. Ivi merupakan jenis tanaman yang sifatnya merambat. Jika dibiarkan tanpa perawatan, bisa menjadikan hama yang mengganggu pemandangan.

Suplir

Tanaman berikutnya adalah suplir yang merupakan salah satu tanaman paku yang modern. Suplir memiliki bentuk yang unik dengan daun yang kecil-kecil. Jika orang yang tidak tahu, tanaman ini dianggap sebagai rumput yang tidak berguna.

Perawatan tanaman ini sedikit sulit karena harus dikeluarkan setiap tiga kali sehari. Padahal jarang orang memiliki waktu luang untuk mengeluarkan tanaman ini. Tujuannya agar mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup.

Dengan menggunakan tanaman hias pembersih udara, kualitas udara di rumah akan semakin membaik. Tak hanya itu, nuansa rumah juga akan semakin adem dan sejuk. Dijamin seseorang tidak akan rela meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *