Artikel,  Tanaman Hias

Mengenal Lebih Dekat Jenis Tanaman Hias Sirih Gading

Saat pandemi Covid-19 saat ini, bisnis tanaman hias justru melambung tinggi. Berkebun serta bercocok tanam dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang selama masa pandemi. Terdapat beragam jenis tanaman hias dengan varietas yang beragam pula dengan memiliki daya pikat tersendiri sehingga dapat meningkatkan estetika rumah anda. Salah satu jenis tanaman hias yang cukup mencuri perhatian saat ini adalah sirih gading. Sirih gading adalah jenis tanaman hias yang tidak berbunga. Tanaman hias sirih gading memiliki ciri khas warna daun yang bercorak hijau putih yang siap menjadi mempercantik rumah anda.

Tanaman Hias Sirih Gading

tanaman hias sirih gading

Sirih gading merupakan salah satu jenis tanaman hias merambat semi epifit yang dapat ditanam di luar rumah. Tanaman hias satu ini tidak memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya. Warna daunnya yang hijau dengan memiliki corak kuning/putih, menjadikan tanaman bermarga Epipremnum ini sangat banyak digemari para pecinta tanaman hias.

Sirih gading memiliki julukan devil’s vine, devil’s ivy, atau golden photos termasuk tanaman yang mudah dipelihara. Selain itu, tanaman ini juga sulit mati serta memiliki umur yang panjang.

Sirih gading juga bisa menjadi tanaman hias gantung yang dapat anda pajang di teras ataupun di dalam ruangan rumah anda. Tanaman sirih gading dapat tumbuh dengan panjang hingga belasan meter dan tebal batang hingga 4cm.

Jenis-Jenis Sirih Gading

Berikut ini beberapa jenis tanaman sirih gading dengan beragam karakteristik yang dimiliki, antara lain:

Gading Kuning

Merupakan salah satu jenis sirih gading yang paling mudah ditanam. Dengan memiliki daun yang lebih tebal serta lebih tahan terhadap sengatan sinar matahari.

Varigata

Sirih Varigata mempunyai bentuk daun dengan ukuran lebih kecil dari tanaman jenis Epipremnum lainnya. Selain itu, Varigata memiliki corak daun berwarna putih dengan ukuran daun yang lebih lebar sehingga sering disebut dengan gading putih.

Gading Lemon

Jenis tanaman sirih gading yang satu ini banyak ditemui pada hunian modern. Sirih gading satu ini memiliki karakteristik dengan ukuran daun kecil, tidak memiliki corak, serta daun berwarna hijau neon.

Gading Silver

Merupakan salah satu jenis sirih gading yang cukup langka keberadaannya, sehingga harganya pun cenderung lebih mahal. Jenis ini memiliki corak putih pada daun yang nampak lebih tua, sehingga terlihat hampir seperti perak.

Gading Ungu

Sama halnya gading silver, jenis ini juga cukup sulit untuk ditemukan. Untuk membudidayakannya dapat dilakukan di dataran tinggi serta dijual di beberapa wilayah saja. Sebenarnya sirih gading satu ini memiliki daun yang masih berwarna hijau, akan tetapi memiliki garis ungu pada bagian tengah serta sisi luar daun.

Gading Philo Brazil

Salah satu jenis tanaman sirih gading yang memiliki corak cukup unik. Memiliki pola yang nampak seperti dua hingga tiga garis sambaran petir dengan warna kuning tepat berada di tengah daun. Perlu anda ketahui, gading Philo Brazil memerlukan lebih banyak air serta sebaiknya disimpan di tempat yang teduh.

Gading Hijau

Jenis tanaman sirih gading selanjutnya adalah gading hijau. Memiliki daun dengan warna hijau yang lebih tua. Tanaman ini mempunyai dimensi daun yang lebih kecil dibandingkan dengan sirih gading silver dan ungu.

Tanaman hias sirih gading hijau masih dapat tampil cantik dalam menghiasi rumah anda. Dengan jumlah daun yang banyak, tumbuh dalam satu tangkai. Daun yang tumbuh lebat tersebut nampak lebih cantik, terutama jika dipasang dengan cara digantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *