Artikel,  Tips & Trik

Tips Merawat Sukulen utamakan Penyiraman dan Pencahayaan

PENYIRAMAN

Penyiraman dan pencahayaan sukulen adalah aspek paling krusial dalam perawatan sukulen. Sebagai tanaman yang punya jatah cadangan air dalam tubuhnya, seringkali yang merawat sukulen bingung dengan cara menyiram sukulen. Efeknya, kalo sukulennya ga busuk ya mati kekeringan. Jadi, baiknya gimana sih menyiram sukulen?

Setelah unboxing dan menanam sukulen dalam pot, sebaiknya tidak disiram dulu agar akarnya beradaptasi dulu dengan media tanam. Sebaiknya tunggu 4-5 hari sebelum penyiraman perdana. Penyiraman berikutnya bisa dilakukan setelah medianya kering. Sukulen umumnya lebih tahan kondisi kering dari pada basah dan lembab.

tanaman hias sukulen

Penyiraman metodenya bebas aja sih, mau pakai gelas atau selang yang penting medianya bisa sampai basah hingga air sampai ke akar agar bisa diserap. Sebenarnya yang jadi patokan bukan jumlah air yang disiramkan tapi akarnya basah atau engga.

Pertama, medianya. Jangan menyiram sukulen ketika medianya belum kering karena bisa menyebabkan akar sukulen membusuk. Kedua, kondisi sukulennya. Untuk minggu-minggu awal perawatan, anda harus jeli melihat kondisi sukulen. Coba observasi perubahan yang terjadi pada sukulen, apakah timbul keriput atau malah ada bagian yang berubah lembek dan mulai membusuk.

Kalau mulai keriput artinya anda bisa menambah frekuensi penyiraman, sebaliknya jika mulai busuk, frekuensinya dikurangi alias interval penyiramannya ditambah, misal yang asalnya disiram per lima hari jadi per seminggu sekali..

Observasi ini penting agar anda tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh sukulen anda di tempat anda. Lingkungan anda bisa saja berbeda dengan lingkungan tempat nursery anda berbelanja.

PENCAHAYAAN

Setelah penyiraman, yang berikutnya adalah pencahayaan alias dimana sebaiknya meletakkan sukulen. Sebagian buyer ingin menempatkan sukulen indoor sebagai hiasan ruangan. Tentu tidak salah, ya namanya juga selera. Akan tetapi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan cahaya sukulen yang diperlukan. Sebelum membeli, sebaiknya dipelajari dulu sukulen yang diinginkan kebutuhan cahayanya seperti apa. Ketika hidup bersama sukulen, seringkali kitalah yang harusnya mengalah dan mengakomodasi kebutuhan hidup sukulen. Bukan sebaliknya.

Ada beberapa tips mengenai sukulen dan kaitannya dengan pencahayaan, berikut diantaranya

  1. Mayoritas sukulen menyukai tempat yang terang namun tidak tahan dengan cahaya matahari langsung di siang hari.
  2. Asupan cahaya berlebih ditandai dengan adanya perubahan warna jadi kecoklatan atau kuning (tapi daun atau batang tidak lembek), kondisi yang parah ditunjukan dengan adanya luka bakar. Jika ini terjadi segera pindahkan sukulen anda ke tempat yang lebih teduh.
  3. Asupan cahaya yang kurang ditandai dengan warna yang memudar dan batang yang tumbuh melar. Echeveria adalah jenis sukulen yang sensitif dengan asupan cahaya. Kalau echeveria atau sukulen lain tumbuh tinggi dan jarak antar daun makin melebar berarti asupan cahayanya kurang, segera pindahkan ke tempat yang lebih terang. Warna pun bisa jadi indikator. Kalau ketika datang dari nursery warnanya mengkilat lalu setelah dirawat beberapa waktu ternyata warnanya jadi kusam, cek lagi kebutuhan cahayanya.
  4. Daun rontok terjadi ketika lokasi anda dan lokasi nursery , lingkungannya sangat berbeda temperatur dan kelembabannya. Di minggu-minggu awal, daun sukulen tiba-tiba rontok padahal disiram normal, tanpa ada gejala keriput atau busuk. Kalau batang dan akar tidak bermasalah sebenarnya tidak usah khawatir, memang respon sukulennya seperti itu. Nanti setelah sukulennya beradapatasi dengan lingkungan baru daun baru akan muncul lagi.
  5. Stay away from AC. Pembahasam lengkapnya bisa di cek di Succulentpedia.blogspot.com
  6. Ada beberapa jenis sukulen yang survive di bawah terik matahari langsung seperti Opuntia dan beberapa jenis kaktus lain. Pastikan saja penyiramannya cukup agar batang tetap sehat.
  7. Jangan malas observasi, terutama di awal awal kedatangan sukulen.

Itulah informasi yang kami berikan, kami juga menjual berbagai tanaman hias salah satunya sukulen. Kunjungi website kami di greatsbyg.com atau hubungi kami melalui WA 085331752471 Anda dapat menanyakan harga sekaligus ketersediaan barang yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *