Artikel,  Kaktus

Perbedaan Kaktus dan Sukulen

Pembahasan tentang kaktus sebaiknya dimulai dengan pertanyaan mendasar yang paling sering orang tanyakan. Banyak yang bertanya apa perbedaan kaktus dan sukulen? atau apakah kaktus dan sukulen sama? Mari kita bahas bersama-sama

tanaman hias sukulen

“Apa itu kaktus dan apa bedanya dengan sukulen?”

Ketika membicarakan tentang kaktus, tidak jarang istilah sukulen ikut disebutkan. Meskipun tidak se-terkenal kaktus, istilah sukulen sangat penting untuk anda pahami karena berkaitan erat dengan kaktus. Untuk menjawab pertanyaan di atas mari kita jawab pertanyaan berikut terlebih dahulu.

“Apa itu sukulen?”

Definisi saintifik yang paling tepat diberikan oleh D.J. von Willert,B.M. Eller, M.J.A. Werger, E. Brinckmann dan H.D. Ihlenfeldt dalam bukunya, “Life Strategies of Succulents in Deserts”:

“Sukulen (atau succophyte) adalah tumbuhan yang memiliki setidaknya satu jaringan sukulen. Jaringan sukulen adalah jaringan hidup yang selain dapat berguna untuk menjalankan fungsi hidup tumbuhan juga dapat menyimpan sejumlah air yang dapat langsung digunakan, sehingga tumbuhan tersebut dapat bertahan tanpa asupan air dari luar tubuh ketika lingkungan sangat kering dan akar tidak mampu menyerap air lagi dari tanah”.

Perlu anda pahami bahwa istilah sukulen ini tidak ada kaitannya dengan taksonomi atau sistem klasifikasi pada tumbuhan. Oleh karena itu jangan heran jika ada guru atau dosen biologi yang memang tidak familiar dengan istilah sukulen.

Singkatnya, sukulen adalah jenis tumbuhan yang punya kemampuan untuk menyimpan cadangan air dalam tubuhnya, baik itu di dalam daun atau batang. Berkat kemampuannya tersebut, sukulen memiliki daya tahan yang lebih besar dalam lingkungan yang kekurangan air. Contoh sukulen yang paling terkenal adalah tanaman dari Family/keluarga kaktus.

Tanaman Hias Kaktus

Jadi sudah terjawab ya, Kaktus adalah salah satu keluarga tanaman yang memiliki jaringan sukulen di tubuhnya. Kaktus adalah bagian dari tanaman sukulen.

Selain keluarga kaktus, ada beberapa keluarga tanaman lain yang anggotanya juga memiliki jaringan sukulen dalam tubuhnya.  Sekarang anda sudah tahu kalau sukulen dapat menyimpan stok cadangan air di dalam tubuhnya. Sukulen yang menyimpan cadangan airnya di dalam batang disebut sukulen batang, sedangkan sukulen yang menyimpannya di dalam daun disebut sukulen daun.

Sukulen daun termasuk kelas tumbuhan monokotil dengan akar yang berupa serabut. Daunnya tebal dan pada beberapa spesies sukulen membentuk klaster/roset seperti bunga. Sukulen batang berasal dari kelas dikotil dan dicirikan dengan adanya pembesaran pada batangnya. Kaktus adalah salah satu sukulen batang yang sudah banyak diketahui. Daun yang ada pada sukulen batang biasanya sangat kecil atau malah tidak ada sama sekali. Batangnya digunakan untuk menyimpan cadangan air, sekaligus untuk berfotosintesis.

Itulah penjelasan tentang apakah perbedaan kaktus dan sukulen telah terjawab pada arikel ini. Semoga artikel yang GreatsByG buat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *