Artikel,  Kaktus

Daya Tarik dan Kesulitan Merawat Sukulen

tanaman hias sukulen

Daya Tarik Sukulen

Tidak sulit bagi orang yang awam mengenai sukulen untuk memahami daya tarik sukulen. Bentuk fisik sukulen sangat berbeda dengan jenis tanaman lainnya. Sukulen memiliki varietas yang sangat banyak. Mulai dari yang berukuran sedikit lebih besar dari jemari sampai yang sebesar bangunan dengan berat beberapa ton. Bentuknya yang bermacam-macam bisa membuat anda tidak akan kehabisan jenis baru untuk dimiliki. Ada banyak warna, tekstur permukaan dan struktur tubuh yang beraneka ragam dan jarang sekali dimiliki oleh tanaman yang lain.

Pesona berikutnya dari sukulen adalah bunga. Bunga dari sukulen punya bentuk dan warnanya sangat eksotis. Proses pembungaannya yang tergolong jarang dan durasi mekar bunganya yang relatif singkat, membuat bunga sukulen terlihat lebih eksklusif dari bunga tumbuhan lainnya.

Selain memiliki tampilan yang menawan, tanaman sukulen juga memiliki kemampuan survival yang tinggi seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Kemampuan sukulen dalam mengelola air, bertahan dari predator dan berkembang biak merupakan suatu fitur yang jarang sekali dimiliki oleh tanaman lain.

 Kesulitan Merawat Sukulen

Tanaman hias sukulen ini juga memiliki cara perawatan tersendiri, dan memiliki kesulitan merawat sukulen. Tanaman sukulen dikenal memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya. Namun, hal ini justru memberikan konsep yang prematur kepada masyarakat. Kebanyakan jadi berpikir bahwa merawat sukulen tidak serumit memelihara tanaman lain dan sukulen bisa tumbuh dengan baik tanpa mendapat perawatan khusus. Padahal, di habitat aslinya sukulen mendapat perawatan khusus dari alam. Tingkat kelembaban dan panas matahari dalam jumlah tertentu disediakan oleh alam, sehingga tak jarang pemberian air dan pupuk secara berlebih malah berdampak buruk pada sukulen.

Sukulen beradaptasi dengan baik di habitat aslinya. Namun, saat dibawa ke lingkungan perumahan di bawah perawatan manusia (kultivasi) beberapa fitur morfologi yang membantu sukulen untuk bertahan malah menjadi gangguan. Dalam pengawasan manusia, sukulen sudah tidak lagi mengalami kekeringan, panas berlebih dan bahkan ancaman predator.

Semoga artikel ini bermanfaat, nantikan terus informasi dari kami hanya di greatsbyg.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *