Artikel,  Tips & Trik

Inilah Cara Mengembangbiakan dan Cara Merawat Sukulen

Sukulen adalah tanaman hias kecil dan unik yang sering kita jumpai. Namun, taukah kalian bagaimana cara mengembangbiakkan sukulen? caranya sangat mudah. Kami memberikan informasi kepada Anda tentang cara pengembangbiakkan sukulen

tanaman hias sukulen

Berikut Cara Mengembangbiakkan Sukulen

  1. Persiapan Tanah Media Tanam

Untuk menanam sukulen agar tumbuh normal, anda harus bisa memenuhi komposisi tanah yang mendekati kondisi tanah pada habitat aslinya. Persiapan untuk tanah yang bagus untuk tanaman sukulen ialah sebagai berikut :

  • Siapkan tanah pasir biasa atau pasir pantai (diutamakan pasir yang kasar). Untuk pasir pantai harus anda cuci dulu hingga kadar garamnya hilang.
  • Selanjutnya siapkan tanah humus
  • Sediakan tanah mineral perlit
  • Siapkan sedikit tanah vulkanik
  • Campurkan tanah diatas dengan perbandingan pasir : humus : perlit : tanah vulkanik ialah 2:4:5:1
  • Aduk hingga campuran tanah merata
  1. Pemilihan Pot yang Tepat

Tanaman sukulen ini tergolong tanaman hias, maka untuk mempercantik tampilannya nanti sebaiknya jangan menggunakan pot plastik polybag. Anda bisa menggunakan pot ember plastik yang ukurannya disesuaikan dengan jenis dan karakter tanaman sukulen yang anda tanam. Untuk tanaman sukulen seperti lidah buaya normal, anda bisa menggunakan pot ember ukuran sedang, Lalu untuk tanaman kaktus mini, anda bisa menggunakan pot ukuran kecil.

  1. Pengisian Tanah dalam Pot

Pot yang sudah sesuai tadi lalu diisi dengan tanah yang sudah disiapkan. Mengisi tanah ini jangan sampai penuh pres dengan pot tetapi disisakan sekitar 5 cm dari permukaan atas pot. Tanaman sukulen ini memang berhabitat asli ditanah yang kering, jadi biarkan tanahnya tetap kering.

  1. Persiapan Bibit Sukulen

Kebanyakan tanaman sukulen ialah tanaman kaktus yang memiliki ciri batang yang tebal. Cara mengembangbiakkan sukulen ini kita akan menggunakan metode vegetatif yakni melalui potongan daun atau batangnya sebagai berikut :

  • Bersihkan dan sterilkan alat potong yang akan anda gunakan (pisau atau silet).
  • Carilah tanaman sukulen dewasa dan sehat yang sehat lalu iris batang atau daunnya menggunakan silet atau pisau yang tajam sekitar 8-12 cm. Jangan memotongnya dengan gunting taman atau langsung dengan tangan. Agar bagian pangkal terbentuk potongan sempurna.
  • Bagian batang yang dipotong lalu dicelupkan dalam hormon tumbuh (ZPT) auxin.
  • Setelah dicelupkan lalu di taburi bubuk fungisida untuk menghindari infeksi jamur dan cendawan
  • Letakkan irisan batang atau daun sukulen tersebut pada tempat teduh dan kering dan dialasi tisu kering
  • Tunggu hingga bagian pangkal (irisan) megering dan sedikit mengerut
  • Jika sudah dilihat mengerut maka bibit tersebut sudah siap ditanam dalam media tanam pot tadi. Pastikan untuk segera ditanam jika sudah mulai mengerut dan jangan ditunggu hingga pengkerut total.
  1. Penanaman Bibit Sukulen

  • Gali lubang dalam pot dengan kedalaman sekitar 1/3 – 1/2 bagian bibit.
  • Tanam bibit tersebut dalam lubang dan tutup kembali dengan tanah sekitar
  • Jangan sirami tanahnya. Tutup dan biarkan saja tanahnya tetap kering
  • Setelah selesai ditanam, selanjutnya ialah penempatan tanaman sukulen itu sendiri.
  1. Penempatan Tanaman Sukulen

Untuk tanaman sukulen berwarna merah atau ungu, ia akan kesulitan beradaptasi pada lingkungan yang kurang panas, maka dari itu lebih cocok diletakkan di outdoor. Sedangkan tanaman sukulen dengan warna hijau cerah akan tetap mampu beradaptasi pada lingkungan dingin dan kurang sinar, makanya lebih cocok diletakkan didalam ruangan.

  1. Pegkondisian Lingkungan Tanaman Sukulen

Letakkan batu-batu hias berwarna hitam pada permukaan tanah dalam pot mengelilingi tanaman. Batu ini akan membantu menyerap panas. Untuk Tanaman yang ada diluar ruangan pastikan untuk mendapat sinar matahari langsung minimal 3 atau 5 jam sehari. Akan lebih bagus jika bisa terpapar sinar matahari sepanjang hari.

  1. Penyiraman Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen tidak boleh langsung disiram pada pangkal tanaman atau tanah pot. Cara menyiram sukulen yang tepat ialah menyemprotnya menggunakan spray pada bagian daun dan batangnya. Hal ini anda lakukan pada pagi dan sore hari. Jika anda ingin menyiram tanah bagian dasarnya maka tetap gunakan spay dan jangan menyiram langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *